ANIME DIMANA KARAKTER UTAMA MEMILIKI KEKUATAN YANG TIDAK DI KETAHUI BANYAK ORANG


1. THE DAILY LIFE OF IMMORTAL KING


Judul alternatif : xian wang de richang shenghuo

Tipe : ONA

Status :

Tahun Tayang :  2019   

Perdana :  

Studio : Haoliners animation league

Sumber : novel

Genre : Adventure, Comedy, Action, fantasy, School, Slice of life

Durasi : 18 menit per eps



The Daily Life of The Immortal King: Seru Juga Anime dari China Ini

The Daily Life of The Immortal King merupakan anime yang diadaptasi dari novel karya Kuxuan. Novelnya bahkan masih tersedia dan bisa kamu baca secara gratis di Web Novel. Judul alternatif dari The Daily Life of The Immortal King adalah Xian Wang de Ri Chang Sheng Huo. Bahasa China? Ya, ini memang sebuah anime dari china. Diproduksi oleh Haoliners Animation League yang berpusat di Tiongkok. Bisa jadi ini adalah pertama kalinya saya menonton anime dari China. Style-nya tidak berbeda dengan Anime Jepang.

Di negeri Hua Xiao semua orang adalah kultivator, pengguna kekuatan spiritual. Setiap orang memiliki energi spiritual yang berbeda-beda. Ternyata Wa Ling memiliki energi sebesar itu sejak kelahirannya. Energi yang mampu menghabisi Raja Iblis yang tiba-tiba menyerang Hua Xiao ketika umur Wa Ling masih enam tahun.

Wa Ling mempunyai kekuatan tak terbatas. Energi spiritual miliknya lebih besar dari siapapun. Untuk itu, ia harus mengendalikannya agar tak menarik perhatian atau memberi efek penghancuran yang terlalu besar.

Cerita berputar di sekitar kehidupan sehari-hari Wa Ling dalam usahanya untuk menyembunyikan kekuatan besar miliknya ketika dia mulai bersekolah di Sh… Melewati beberapa kejadian akhirnya dia berteman baik dengan Sun Rong, Guo Hao, Chen Zao.

2.BOUNEN no XAMDOU

Tipe : ONA

Status :completed 

Tayang : Jul 2008 - Feb 2009 

Perdana :  

Studio : Bones

Sumber : Original

Genre : Action, Military, Sci-Fi

Durasi : 24 menit per eps

 



Pulau Sentan adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh Laut Yuden. Itu ada dalam keadaan ketenangan seperti mimpi, terputus dari perang antara Pemerintah Utara dan Zona Bebas Benua Selatan. Tokoh kita, Akiyuki Takehara, tinggal di Pulau Sentain bersama ibunya Fusa. Dia saat ini terpisah dari ayahnya, dokter kota Ryuzo, tetapi ikatan antara ayah dan putranya tetap ada. Suatu hari, setelah mengambil Ryuzo makan siang yang dibuat Fusa untuknya seperti biasa, Akiyuki tiba di sekolah, di mana ia terjebak dalam ledakan bersama dengan teman-temannya, Haru dan Furuichi. Ledakan itu menghasilkan cahaya misterius, yang memasuki lengan Akiyuki, menyebabkannya sakit luar biasa. Namun, dia tidak punya waktu untuk memahaminya, ketika gadis berambut putih yang naik bus bersamanya menuntunnya ke kekuatan yang tidak seperti apa pun yang pernah dikenalnya.

3.BOKU DAKE GA INAI MACHI
Tipe : 

Status : Tv

Tayang :  Jan 2016 - Mar 2016

Perdana :  Winter 2016

Studio : A- 1 Pictures

Sumber : Manga

Genre : Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural

Durasi : 23 menit per eps



menceritakan tentang Satoru Fujinuma, seorang mangaka kurang terkenal yang memiliki sifat tertutup dan cenderung menjaga jarak terhadap orang lain. Meski begitu, ia memiliki kekuatan supranatural berupa kemampuan untuk mencegah kematian orang lain dengan melompati waktu.

4.OWARI NO SERAPH

Tipe : Tv

Status : Completed

Tayang :  Apr 2015 - Jun 2015

Perdana :  spring 2015

Studio : wit studio

Sumber : Manga

Genre : Action, Drama, Military, Shounen, Supernatural, Vampire

Durasi :23 menit per eps



Pada tahun 2012, dunia diduga telah berakhir karena virus buatan manusia yang melanda penduduk dunia dan hanya menyisakan anak-anak berusia di bawah tiga belas tahun. Di saat yang sama vampir muncul. Mereka mengklaim telah menaklukkan dunia dan akan menjadi pelindung baru bagi manusia. "Perlindungan" ini harus dibayar dengan menyumbangkan darah kepada para vampir. Pada usia dua belas, Yuichiro, Mikaela dan teman-temannya dari Panti Asuhan Hyakuya berencana untuk melarikan diri dari para vampir. Namun, rencana ini gagal dan mengakibatkan kematian Mikaela dan lainnya yang mengorbankan diri agar Yuichiro dapat pergi. Kemudian Yuichiro diselamatkan oleh anggota Moon Demon Company, sebuah unit pemusnahan vampir milik Kekaisaran Iblis Tentara Jepang. Empat tahun kemudian, Yuichiro mendedikasikan hidupnya untuk menghancurkan vampir dan membalas dendam terhadap mereka untuk membunuh "keluarga" nya.

5.ZETMAN

Tipe : Tv

Status : Completed

Tayang :   Apr 2012 - Jun 2012

Perdana :  Spring 2012

Studio : TMS Entertainment

Sumber : Manga

Genre : Action, Drama, Horror, Romance, Sci-Fi, Seinen, Supernatural

Durasi :24 menit per eps



Anime ini menceritakan tentang manusia yang telah direkayasa secara genetika dan digunakan untuk hiburan pertarungan underworld. ... Cerita berawal dari diselamatkannya seorang anak oleh Profesor Kanzaki, dimana anak itu merupakan hasil rekayasa genetika yang mengalami kegagalan pada N-factornya.

6.Quanzhi Fashi

Tipe : Ona

Status : Completed

Tayang :   sep 2016 - nov 2016

Perdana :  

Studio : Shanghai Foch Film Culture investment

Sumber : Novel

Genre : Action, Fantasy, Magic, School

Durasi : 18 menit per eps



Dia terbangun di dunia yang sudah dikenalnya yang sangat berubah.

Sekolahnya yang familier telah menjadi sekolah mistik yang mengajarkan sihir, mendorong semua orang untuk menjadi pesulap yang hebat.

Di luar kota, banyak binatang ajaib dan monster yang berkeliaran menyerang dan memangsa manusia.

Dunia sainsnya yang maju berubah menjadi dunia yang memuji sihir. Meskipun demikian, ambisinya dalam kehidupan, dan status sosialnya tetap sama; salah satu ampas masyarakat dengan ayah yang berjuang dan saudari tiri yang cacat yang tidak bisa berjalan.

Namun, Penggemar Mo menemukan bahwa ketika kebanyakan orang hanya bisa berlatih satu elemen utama sihir, ia adalah seorang Penyihir Serbaguna !

7.B: The Beginning

Tipe : Ona

Status : Completed

Tayang :   2  maret 2018

Perdana :  

Studio : Production I.G

Sumber : Original

Genre : Action, Mystery, Police, Psychological, Supernatural

Durasi :23 menit per eps

Ketika para ilmuan berharap "manusia baru" dapat menciptakan kedamaian dunia, sekelompok penjahat dengan rencana yang berbeda justru menculik mereka.

8.Garo: Honoo no Kokuin

Tipe : Tv

Status : Completed

Tayang :  oct 2014 - mar 2015

Perdana :  fall 2014

Studio : Mappa

Sumber : Original

Genre : Action, Demon, Fantasy, Magic, Supernatural

Durasi : 24 menit per eps



Cerita Anime dimulai ketika seorang raja konselor meluncurkan perburuan penyihir, yang membahayakan Knights Makai dan Makai Priest, yang seharusnya melindungi orang. Seorang Makai Priest yang telah dijatuhi hukuman mati di tiang melahirkan seorang putra, Leon Lewis. Anak-anak diselamatkan oleh ayahnya, seorang Makai Knight, tetapi tidak pernah bertemu ibunya. Ketika ia dibesarkan ia mewarisi Golden Armor sebagai keturunan Golden Knights. Sementara penasihat raja telah mengambil alih negara sebagai raja telah menjadi sakit, dan Pangeran Alfonso diusir oleh ibunya. Dia datang mencari ksatria emas legendaris dengan harapan merebut kembali kerajaannya. 

9.Devil Survivor 2

Tipe : TV

Status : Completed

Tayang :  apr 2013 - jun 2013

Perdana :  Spring 2013

Studio : Bridge

Sumber : Game

Genre : Action, Demon, Supernatural

Durasi :24 menit per eps



DS 2 mengambil setting terpusat di Jepang, dan diceritakan bahwa di antara para remaja di sana sedang populer sebuah situs mobile phone bernama Nicaea, yang bisa mengirimkan video yang meramalkan bagaimana detik-detik kematian teman kita yang terdaftar di situs tersebut. Hibiki Kuze dan  temannya, Daichi Shijima dan Io Nitta, yang juga mendaftar di situs tersebut karena menganggapnya hanya situs iseng belaka, menyadari bahwa sebenarnya situs tersebut merupakan kunci untuk mempertahankan eksistensi umat manusia ketika tiba-tiba mahkluk yang disebut Septentrion menyerang dan menyebabkan kehancuran sebagai bentuk dari "trial" atau ujian terhadap umat manusia yang dilakukan oleh Polaris, keberadaan yang dianggap sebagai "pencipta", dan umat manusia hanya punya waktu 7 hari untuk membuktikan bahwa mereka sanggup bertahan melewati ujian-ujian dari para Septentrion tersebut. Setelah mengetahui kenyataan, Hibiki dan teman-temannya bergabung dengan JP's, sebuah organisasi rahasia yang dipimpin Yamato Hotsuin yang selama ini telah mengetahui bahwa Septentrion akan datang untuk menguji umat manusia, dan terus mempersiapkan diri untuk datangnya hari itu, dengan cara menggabungkan ilmu sihir dan ilmu pengetahuan serta menggunakan aplikasi demon-summoning dari situs Nicaea untuk memanggil berbagai jenis demon untuk bertarung melawan para Septentrion, demi melindungi umat manusia, dan bertahan hidup melewati ujian dari Polaris.


Dengan kombinasi utama unsur action dan "power of friendship and human's feelings", inti cerita yang ingin disampaikan oleh DS 2 sebenarnya adalah mengenai apa arti dari eksistensi manusia,  mengapa kehidupan manusia saat ini begitu berarti untuk dipertahankan, serta apa arti dari menjalani hidup. Secara overall, pesan tersebut berhasil disampaikan, tapi kurang maksimal dan tidak terlalu dalam karena kurangnya penjelasan dan eksplorasi cerita di beberapa bagian, seperti hal apa sebenarnya yang memicu Polaris tiba-tiba menguji umat manusia? Bila seperti yang dikatakan Yamato, bahwa umat manusia saat ini telah rusak atau korup, dan sudah terlambat untuk dipertahankan atau diselamatkan, bagian mana sebenarnya dari umat manusia yang menjadikannya begitu korup sampai tidak layak dipertahankan? Dan bila Hibiki mengatakan bahwa manusia harus berubah dengan keinginan pribadi setiap orang tanpa dipaksakan, bagian spesifik mana yang harus dirubah? Karena selama 13 eps, penceritaan sendiri rasanya tidak menunjukkan hal tersebut secara jelas, humanity seems doing quite fine in DS 2 for me. Pertemuan dengan Polaris di episode finale pun tidak memperjelas cerita ataupun menghasilkan adegan dramatis yang memorable dan justru rasanya malah jadi sedikit anti-klimaks setelah final battle yang cukup keren dengan unsur-unsur yang sedikit mengingatkan kita pada battle dalam Digimon (u'll understand when u watch it..haha..). 


Untuk tema kehancuran dunia, setting yang digunakan dalam DS 2 hanya terpusat di Jepang, sehingga dunia dalam DS 2 rasanya menjadi sangat kecil dan terasa kurang realistis. Pace cerita sendiri sangat padat, cepat, dan hampir sebagian besar terdiri dari rangkaian battle demi battle yang melibatkan berbagai mythological creature alias mahkluk-mahkluk dari mitos dan legenda seperti Shiva, Byakko, Pallas Athena, dan banyak lainnya, sebagai demon yang mungkin cukup familiar bagi penonton, dan bisa menjadi salah satu nilai plus dari DS 2. Dari segi plot, secara keseluruhan cerita agak minim plot twist dan cenderung linear, meskipun untungnya masih memiliki bumbu-bumbu surprise di beberapa bagian. 


Dari segi story, buat gw pribadi khususnya, somehow menimbulkan pertanyaan yang sedikit menggelitik mengenai cara umat manusia bertahan hidup : is it really the right thing for humanity to survive by borrowing demon's power (especially that finale one)? Well..the answers is all yours..:)

Comments

Popular posts from this blog

Prototype Resmi Rilis Grisaia: Phantom Trigger Vol. 1 & 2 untuk Switch

Karakter Senyoku no Sigrdrifa Akhirnya terungkap